Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pelatihan pengasuhan dapat meningkatkan pemahaman tentang GPP/H dan pengasuhan yang berkualitas pada orang tua anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek padapenelitianini berjumlah 6 orang yang merupakan pasangan orang tua (ayah dan ibu) anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Tempat penelitian dilakukan di KB-TK-TPA Jogja Citra, Pleret, Bantul. Dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon Mann Whitney dan Kruskal Wallis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengasuhan terbukti dapat meningkatkan pemahaman orang tua tentang GPP/H dan meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua kepada anak prasekolah dengan GPP/H. Hasil pengolahan data menunjukkan taraf signifikansi 0,039 < 0,05 untuk pemahaman tentang GPP/H, dan 0,039 < 0,05 untuk pengasuhan yang berkualitas. Uji hipotesis dengan Kruskal Wallis menunjukkan taraf signifikansi sebsar 0,020 < 0,05.
Copyrights © 2014