Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan alih kode dalam interaksi kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Soppeng. Subyek pada penelitian ini adalah siswa dari dua kelas diSMAN 1 Soppengyang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua jenis instrumen penelitian yaitu observasi kelas dan wawancara. Data yang ditemukan dianalisis melalui analisis data kualitatif Miles and Huberman (1994) yang digabungkan dengan sistem analisis wacana. Prosedur analisis data tersebut terbagi menjadi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, siswa berpikir bahwa alih kode dapat dianggap sebagai strategi pengajaran yang bagus dan berguna pada interaksi dalam kelas jika tujuannya adalah untuk memperjelas materi dan untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan pemahaman kepada siswa dengan cara yang efisien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019