Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Mathematical Habits of Mind (MHM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahap Polya adalah: (1) Mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah (2) Menyederhanakan masalah, mampu membuat eksperimen dan simulasi, mampu mencari subtuju, dan mengurutkan informasi. (3) Mengartikan masalah dalam bentuk kalimat matematika, dan melaksanakan strategi selama proses dan penghitungan berlangsung. (4) Mengecek semua informasi dan penghitungan yang terlibat, mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis, melihat alternatif penyelesaian yang lain, membaca pertanyaan kembali, dan bertanya kepada diri sendiri bahwa pertanyaan sudah terjawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini responden dikelompokan menjadi dua, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B dengan masing-masing kelas 22 siswa. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran MHM berbasis kemampuan pemecahan masalah. Kelompok kedua adalah kelompok kontrol yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh H0 ditolak. Sehingga diperoleh bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran MHM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.
Copyrights © 2019