Koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika. Kemampuan tersebut membuat pengetahuan siswa lebih mendalam sehingga siswa dapat mengkaitkan konsep-konsep yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Salo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menghubungkan topik-topik antar matematika dengan persetase sebanyak 90,91%, siswa mampu menggunakan matematika dalam pelajaran lain sebanyak 68,18%, dan siswa mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 81,82%. Kesimpulannya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP tergolong tinggi. Implikasinya guru harus lebih kreatif merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa untuk lebih meninngkatkan memampuan koneksi matematis siswa pada setiap materi pembelajaran.
Copyrights © 2019