AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 9, No 1: June 2019

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN

Eka Hayu (Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau)
Rossa Linna (Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau)
Yenita Roza (Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2019

Abstract

Koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika. Kemampuan tersebut membuat pengetahuan siswa lebih mendalam sehingga siswa dapat mengkaitkan konsep-konsep yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Salo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menghubungkan topik-topik antar matematika dengan persetase sebanyak 90,91%, siswa mampu menggunakan matematika dalam pelajaran lain sebanyak 68,18%, dan siswa mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 81,82%. Kesimpulannya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP tergolong tinggi. Implikasinya guru harus lebih kreatif merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa untuk lebih meninngkatkan memampuan koneksi matematis siswa pada setiap materi pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...