Jurnal Pelangi
Vol 11, No 1 (2018)

PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.4 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 1 MEMPURA KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK TAHUN AJARAN 2015/2016

sandi, santi santi pradila sandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peningkatan  Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan  Media Teka Teki Silang  Siswa Kelas IX.4 SMPN Negeri 1 Mempura Kec. Mempura Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah dengan penggunaan pembelajaran kooperatif dengan strategi crossword puzzl pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivits siswa dan hasil belajar siswa kelas IX.4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak tahun pelajaran 2015 – 2016. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang di gunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi crossword puzzl pada mata pelajaran IPS dari siklus I ke siklus II.  Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan sejak siklus I, peningkatan ini berlanjut pada siklus II dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Copyrights © 2018