Jurnal Pendidikan Bahasa
Vol 8, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PUISI

Lestari, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur puisi di kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur puisi disebabkan oleh kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Melihat kondisi seperti itu, perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur puisi pada peserta didik kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik aktif, kreatif dan lebih fokus selama pembelajaran menganalisis unsur puisi menggunakan model Circuit Learning. Dari hasil perhitungan diketahui nilai tertinggi 100 dan nilai terendah sebesar 63 dengan nilai rata-rata 85. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena dapat melampaui nilai KKM yaitu 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning  dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis unsur puisi pada peserta didik kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen tahun pelajaran 2018/2019. Saran yang dapat disampaikan adalah guru hendaknya memberi variasi model pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kata kunci  : Penerapan, Model Circuit Learning, Menganalisis Unsur Puisi

Copyrights © 2019