Quagga
Vol 12, No 1 (2020)

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Praktikum untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Ruhana Afifi (Universitas Galuh)
Lia Yulisma (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan intensi berwirausaha mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek melalui praktikum budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi semester enam ­tahun akademik 2018-2019 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling Penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan pengujian hipotesis uji satu pihak berdasarkan skor pretest dan posttest. Adapun data yang dikumpulkan, yaitu intensi berwirausaha dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan intensi berwirausaha mahasiswa kelas eksperimen yang tinggi (28,57%), berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Artinya, penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada praktikum budidaya Maggot BSF dapat meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa.Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek; Praktikum; Maggot BSF; Intensi Berwirausaha

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...