Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI

Reni Anggraeni (Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahmad Jazuli (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari 11 kelas parallel berjumlah 362 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIIIJ sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIIII sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada empat pertemuan berturut-turut adalah 90%, 84%, 91%, dan 93%; persentase keaktifan siswa pada empat pertemuan berturut-turut adalah 79%, 83%, 92%, dan 93%; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan PMR adalah 69,26; (3) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik adalah 56,95; dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan PMR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...