Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1: Edisi Januari 2020

Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK

Silviana Maya Purwasih (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Dakota (Dakon Matematika) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV-A dan kelas IV-B dimana kelas IV-A adalah kelas eksperimen sedangkan kelas IV-B adalah kelas kontrol. Teknik pengumpulkan data yang digunakan berupa tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah independent sample test. Hasil analisis data berdasarkan bantuan SPSS 23.0 untuk df = 46 diperoleh thitung (4.696) > ttabel (2.013) dan nilai sig. 0.000 < α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol dengan taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Dakota meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...