ABSTRAK Perkembangan industri Coworking Space (ruang kerja bersama) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan, berdasarkan data asosiasi coworking Indonesia tahun 2018, tercatat dari semula hanya sekitar 40 Coworking Space (2013) kini menjadi 200, atau meningkat sebanyak 400%. Peningkatan ini tidak lepas dari perkembangan bisnis start up serta peran serta UMKM yang mulai melek dengan digitalisasi dan membutuhkan tempat yang dapat memfasilitasi mereka untuk berkolaborasi. Hal tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana peluang dan tantangan industri tersebut dimasa depan? Kenyataannya banyak permasalahan yang dihadapi seperti belum teredukasinya masyarakat akan konsep Coworking Space, serta regulasi yang belum jelas mengenai bagaimana peraturan baku mengenai bisnis penyediaan ruang kerja bersama (Coworking Space). Objek penelitian ini dilakukan bisnis Coworking Space di kota bandung khususnya pada Co&Co Working Space Bandung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi pola bisnis Coworking Space di kota bandung ; (2) mengidentifikasi peluang dan tantangan bisnis tersebut dengan menggunakan analisa SWOT. Dalam penelitian ini, informasi diperoleh melalui metode observasi, wawancara serta studi literatur mengenai data yang berhubungan dengan topik penelitian. Kerjasama dengan pemerintah juga dirasakan perlu apalagi mengingat bahwa kota Bandung pada saat ini sedang gencar mendorong industri diberbagai bidang dengan pengetahuan akan teknologi digital, membuat peluang akan industri coworking space di kota Bandung. Saran bagi penelitian ini adalah diharapkan peran serta pelaku industri coworking space seperti Co&Co working space untuk lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas termasuk kepada segmen pasar milenials saran lain bagi penelitian selanjutnya adalah agar peneliti lain dapat menambah objek penelitian lainnya yang berada di dalam dan luar kota Bandung.Kata kunci : Coworking Space, SWOT analysis, Co&Co Working Space, Bandung
Copyrights © 2020