ABSTRAKLokasi seringkali dianggap menjadi penyebab dari kegagalan sebuah perusahaan, namun terdapat pula lokasi yang dianggap baik bagi perusahaan. Pada awal tahun 90an, banyak perusahaan yang bersedia melakukan investasi di lokasi yang diyakini dapat berkontribusi untuk menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Proses pemilihan lokasi memperimbangkan banyak faktor yang diperhitungkan dengan hati-hati untuk mendukung keputusan yang akan diambil, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan antara lain: Produktivitas tenaga kerja, nilai tukar mata uang serta risiko mata uang, biaya, risiko politik, nilai dan budaya, kedekatan dengan pasar, kedekatan dengan pemasok, kedekatan dengan pesaing. Terdapat pula faktor-faktor yang harus diperhatikan lebih lanjut di tingkat regional, dan lokasi spesifik. Bagaimana dengan saat ini, di era Teknologi Digital, apakah faktor-faktor tersebut masih relevan? Atau pertanyaan lebih mendasar, apakah pemilihan lokasi masih perlu diperhatikan? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi beberapa faktor yang secara umum dipertimbangkan ketika mengambil keputusan berkaitan dengan pemilihan lokasi. Kata Kunci: Pemilihan Lokasi, Manajemen Operasi, Teknologi Digital
Copyrights © 2019