JURNAL SeMaRaK
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK

PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA HOTEL DHARMAWANGSA

Nurmin Arianto (Universitas Pamulang)
Jefri Muhammad (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
21 May 2018

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nya pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung hotel Dharmawangsa, baik secara parsial atau simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung hotel yang lebih dari dua kali dengan jumlah populasi tidak diketahui sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 pengunjung dengan menggunakan rumus Lemeshow. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Fasilitas (X1) dan Pelayanan (X2) sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kepuasan Pengunjung. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung dan pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sementara hasil secara simultan fasilitas dan pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjungKata kunci: Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pengunjung

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

smk

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini ...