Syifa al-Qulub : Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik
Vol 4, No 2 (2020): Januari, Syifa Al-Qulub

Pendidikan Anak Perspektif Sufistik Dalam Pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Anggi Anggraeni Islami (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Rifki Rosyad (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2020

Abstract

Pendidikan yang diterima anak sejak masa pertumbuhan dari orangtuanya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas akhlak yang akan dimilikinya. Pendidikan pertama berawal dari lingkungan keluarga. Oleh karena itu, perhatian orangtua sangatlah penting sebagai bentuk tanggungjawabnya dalam memberikan pendidikan, terutama terkait pendidikan keimanan dan akhlak. ‘Lembaga’ untuk mempertahankan dan membentuk insan yang berakhlakul karimah adalah keluarga. Strategi untuk menjadikan keluarga tetap dapat menjaga ketahanan akhlak mulia di kalangan para sufi khususnya pendidikan anak juga mendapatkan perhatian besar. Salah satu di antara tokoh sufi kontemporer, seorang ulama besar sekaligus reformis pemikir Islam yaitu Ibn Qayyim Al-Jauziyah yang sangat memerhatikan pendidikan anak baik pada masa prenatal (sejak dalam kandungan) maupun pada masa postnatal (pasca dilahirkan). Tulisan ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana metode sufistik Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam mendidik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis terhadap karya-karya Ibn Qayyim khususnya dalam kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkam Al-Mulud.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syifa-al-qulub

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Syifa al-Qulub adalah Jurnal Prodi Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Terbit enam bulan sekali (Januari dan Juli). Materi yang dipublikasikan merupakan hasil kajian dan penelitian. Jurnal Syifa al-Qulub memiliki tujuan memperluas wawasan, paradigma, konsep dan ...