Jurnal Padegogik
Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Padegogik: Januari 2018

STRATEGI MULTI REPRESENTASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Hutagaol, Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membangun kepercayaan, kebebasan dalam diri siswa melalui bentuk representasi yang dipilihnya, (2) mengetahuipeningkatan (gain) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (3) mengetahui interaksi antara faktor pembelajaran dengan gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol, pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan sampelnya adalah diambil dua kelas secara acak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cisarua mewakili sekolah level sedang dan dua kelas siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Kertawangi mewakili siswa sekolah level rendah. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa peningkatan atau gain siswa yang belajar dengan strategi multi representasi berbeda secara signifikan dibandingkan dengan gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan konvensional. Siswa yang berpengetahuan awal tinggi lebih memilih representasi aljabar dan lebih terampil dalam menggunakan berbagai bentuk reprentasi, siswa yang berpengetahuan awal sedang lebih memilih representasi tabel dan siswa yang berpengetahuan awal rendah lebih menyukai representasi skema. Selanjutnya interaksi yang terjadi lebih efektif pada siswa yang berpengetahuan awal sedang dan rendah.Kata Kunci: Strategi Multi Representasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Padegogik is an online (e-ISSN 2715-1069) and printed (p-ISSN 2614-3267) journal, managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Adventist University of ...