Jurnal Padegogik
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Padegogik: Juli 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN STRATEGI KONFLIK-KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SMP

Susilowaty, Nora (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapkan pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif dan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau aksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Cimahi. Soal kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang diberikan kepada siswa telah diujicobakan dan memenuhi karakteristik untuk digunakan dalam penelitian seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah siswa yang mendapatkan pembelajaran model CORE dengan strategi konflik kognitif peningkatan kemampuan pemahaman matematisnya lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, dan pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Model CORE, Strategi Konflik Kognitif, Pemahaman Matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Padegogik is an online (e-ISSN 2715-1069) and printed (p-ISSN 2614-3267) journal, managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Adventist University of ...