Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 3, No 1 (2018): PEKOBIS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK LETRIS INDONESIA 2 TAHUN AJARAN 2016/2017

SAIFUL ANWAR (Universitas Pamulang)
SOFFI SOFFIATUN (Universitas Pamulang)
SHINTA MARLIA (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
05 May 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Role Playing terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X Akuntansi Di SMK Letris Indonesia 2 Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dimana membandingkan dua kelas dengan dua perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi A dan X Akuntansi B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal, uji daya beda, validitas, dependen T test dan independent T test.Temuaan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada data awal peserta didik yang menujukan yaitu 64,81 meningkat menjadi 84,14. meningkat sebesar 30%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas juga mengalami peningkatan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Role Playing, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...