Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2019): PEKOBIS

SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta)

HARDIAN MURSITO (Pamulang University)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sosial media dalam upaya peningkatan penjualan produk – produk UKM 2) seberapa besar kontribusi sosial media dalam upaya peningkatan penjualan produk UKM. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu mengetahui tentang hubungan antara variabel yang diteliti, maka penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu mengukur kekuatan hubungan antara variabel yang menunjukkan hubungan sebab akibat Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pelaku usaha yang terdaftar di SMESCO Jakarta dengan jumlah sampel 28 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan regresi linear. Analisis regresi linear diperoleh Y = 23,83 + 0,43X artinya nilai b = 0,43 ternyata positif, maka tiap pertambahan atau peningkatan penggunaan media sosial yang efektif akan diimbangi dengan pertambahan penjualan.  Hasil dari penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh sosial media terhadap peningkatan penjualan, 2) terdapat kontribusi penggunaan sosial media sebesar 19 % dalam meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...