Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2016): JUNI 2016

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Materi Ajar Usaha dan Energi Dengan Metode Problem Posing Dalam Setting Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin

Emiiani Indah Safputri (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Zainuddin Zainuddin (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Mastuang Mastuang (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2016

Abstract

Perangkat pembelajaran fisika yang digunakan di sekolah selama ini dianggap belum  mampu mengembangkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode problem posing dalam setting model pengajaran langsung yang memiliki tujuan khusus: (1) Mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, (2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP, dan (3) Mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP, LKS, THB dan Materi ajar. Teknik analisis data berupa validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan katagori sangat baik (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran terlaksana sangat baik, dan (3) Efektivitas perangkat pembelajaran termasuk pada kategori sedang. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika pada materi ajar usaha dan energi dengan metode problem posing dalam setting model pengajaran langsung yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.   

Copyrights © 2016