JIEM (Journal of Islamic Education Management)
Vol 3, No 2 (2019)

MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Muhammad Kusman (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahulhuda Subang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap secara mendalam mengenai manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar Islam terpadu Alamy Subang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ialah para guru, wali kelas, siswa. Untuk mendapatkan data, maka penulis menggunakan instrumen observasi mendalam, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penarikan kesimpulan dari hasil analisis data digunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDIT Alamy Subang dapat dilakukan dengan baik, sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup memadai, sehingga guru cukup dapat berinovasi dalam pembelajaran dan metode digunakan bisa bervariasi sehingga berpengaruh pada sisi akademik yang sudah cukup baik.  Faktor pendukung, yakni sarana prasarana yang cukup memadai, guru yang berkompeten sejalan bidangnya masing-masing, tempat yang cukup strategis, aman, dan lingkungan sekitar sekolah yang bersih. Faktor penghambat, yakni keragaman karakteristik peserta didik, guru pengampu dan wali kelas yang berbeda persepsi dalam manajemen kelas. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar, Guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap ...