J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 4, No 2 (2019): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM

Ashry Khoirunisa (Universitas Riau)
Sri Haryati (Universitas Riau)
Radjawaly Usman Rery (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik berbasis PQ4R pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang layak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Hasil validasi LKPD oleh 3 orang dosen sebagai tim validator ahli materi adalah 94,27% dengan kategori layak dan telah memenuhi aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. 2 orang guru dan 20 orang peserta didik memberikan respon yang positif terhadap LKPD hasil pengembangan dengan persentase penilaian berturut-turut sebesar 95,45% dan 93,89%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...