Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model collaborative larning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu True Eksperimental Desain. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X Akuntasi 1 berjumlah 32 sebagai kelas kontrol dan kelas Akuntansi 2 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model collaborative learning sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang. Hal ini, terbukti t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% dengan db (derajat bebas) 4,91 15≥"> 1,66. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu model collaborative learning berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil obsevasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
Copyrights © 2019