APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2018): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION

Wijayanti, Rica (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2018

Abstract

Saat ini media yang cocok untuk digunakan oleh seorang guru adalah media yang berbasis teknologi. Hal ini dikarenakan siswa saat ini lebih senang dan termotivasi belajar dengan menggunakan gadget mereka. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan diteliti tentang efekivitas penggunaan medi pembelajaran media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation. Media pembelajaran ini adalah perpaduan antara media komik dengan media interaktif whiteboard animation. Jenis penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pra eksperimental design. Berdasarkan hasil peneitian yang telah dilakukan ada lima jenis aktivitas yang dilakukan oleh siswa yaitu bertanya sebesar 22%, berdiskusi dengan teman 10%, mengamati penjelasan guru tentang penggunaan media media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation sebesar 20%, mempraktekkan media media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation sebesar 37%, dan menceitakan kembali isi media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation pada teman sebangku sebesar 11%. efektifitas penggunaan media ini juga dilihat dari hasil belajarnya dengan menggunakan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa penggunaan media media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation dalam pembelajaran matematika sangat efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...