PEDAGO BIOLOGI
Vol 6 No 2 (2018)

Penggunaan Model Pembelajaran Predict-Observer-Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem

Ariwin Ayu Kusuma Wardani (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Yuni Gayatri (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1). bagaimana keterlaksanaan model  Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran pada siswa (2). bagaimana keterampilan proses sains siswa setelah di terapkan model Predict-Observer-Explain (POE) (3). bagaimana penguasaan konsep siswa setelah di terapkan meodel Predict-Observer-Explain (POE). Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan “One Group Pre-test Pos-test Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 MA Muhammadiyah 01 Paciran, tehnik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non tes (observasi) menggunakan instrumen keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, pretest dan posttest Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistic uji T. penelitian ini disimpulkan : (1). Keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada kategori sangat baik; (2). Ketrampilan proses sains siswa termasuk kedalam kategori baik Sesuai dengan perhitungan yang dilakuakan dengan rata – rata yang di dapat adalah 80,00% dan aspek keterampilan proses yang signifikan mengalami peneingkatan adalah aspek mengamati dan mengukur.; (3). Peningkatan penguasaan konsep siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelas X IPA 2 yang pada awalnya 0%  menjadi 79,31%.

Copyrights © 2018