Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi alternatif yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan keripik singkong balado pada UKM âPundi Masâ di Kota Palu. Jumlah responden 7 orang yang terdiri dari        1 pimpinan dan 6 orang karyawan pada UKM âPundi Masâ.  Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh Tabel IFAS yaitu sebesar 3,01 dengan skor kekuatan 2,20 dan skor kelemahan sebesar 0,81. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan UKM âPundi Masâ lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperolah dari EFAS yaitu sebesar 3,03 dengan skor peluang 2,29 dan skor ancaman sebesar 0,74. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh UKM âPundi Masâ lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi pengembangan usaha keripik singkong balado pada UKM  âPundi Masâ sebagai sumbu X yaitu 1,39, sedangkan faktor eksternal  pada UKM âPundi Masâ sebagai sumbu Y yaitu 1,55. Strategi alternatif yang tepat untuk UKM âPundi Masâ adalah strategi SO.  Strategi SO merupakan strategi yang dapat digunakan UKM âPundi Masâ dalam menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013