Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2016)

EVALUASI SALURAN KOMUNIKASI PADA PERUSAHAAN AIDEN

Vincentius Renaldi Santoso (Unknown)
Christian B. Urbanus (Unknown)
Liliani Liliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2016

Abstract

Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mengenai saluran komunikasi pada perusahaan AIDEN sebelum penelitian dan sesudah penelitian yang telah dilakukan belangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi saluran komunikasi pada Perusahaan AIDEN agar dapat dijadikan panduan serta digunakan kedepannya sehingga dapat menstabilkan penjualan pada Perusahaan AIDEN di setiap bulan. Subyek pada penelitian yang dipilih sebagai informan pada penelitian ini adalah rekan project, pengamat fesyen, penjual produk fesyen, pembeli serta calon pembeli, sedangkan obyek penelitiannya adalah Perusahaan AIDEN yang berlokasi di Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstukruktur yang didukung dengan pendokumentasian data. Wawancara semi terstuktur digunakan untuk mengetahui evaluasi saluran komunikasi yang dilakukan Perusahaan AIDEN selama ini dengan beberapa tolak ukur yang telah ditetapkan sebelumnya. Pendokumentasian ini dilakukan ketika wawancara sedang berlangsung berupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran komunikasi non personal melalui pameran merupakan saluran komunikasi yang paling efektif ketika digunakan oleh Perusahaan AIDEN selama ini. Namun perlu lebih diperhatikan tentang penataan layout ketika pameran berlangsung agar lebih menarik minat konsumen untuk datang. Pada saluran komunikasi personal melalui website dan media sosial, perlu lebih banyak ditingkatkan informasi yang diberikan seperti detail produk, harga, cara pembayaran serta cara pengiriman produk ke konsumen. Juga perlu adanya pembenahan pada website dengan penambahan fitur seperti newsletter dan memperindah tampilan website agar lebih menarik. Berdasarkan hal tersebut maka diketahui bahwa saluran komunikasi non personal merupakan saluran yang paling baik digunakan bagi Perusahaan AIDEN sekarang ini. Namun perlu juga ditingkatkan kegunaan saluran komunikasi personal kedepannya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...