Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2016)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKSO PEPO

Michael Prayogo (Unknown)
Liliani Liliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2016

Abstract

Bakso PEPO perlu meneliti keputusan pembelian konsumen dan hal – hal yang mempengaruhinya untuk mengatasi tantangan dalam perusahaan. Hal – hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang diteliti di dalam penelitian ini adalah kualitas produk, harga, dan faktor sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Bakso PEPO, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen Bakso PEPO, dan pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Bakso PEPO. Populasi dalam penelitian ini adalah rata – rata konsumen Bakso PEPO pada saat pameran periode Maret – Mei 2015 yaitu 56 konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik penarikan sampel purposif yaitu sebanyak 56 konsumen, dimana sampel tersebut diperoleh pada saat Bakso PEPO melakukan penjualan di pameran – pameran pada bulan Oktober 2015. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan faktor sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Bakso PEPO dan memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini, variabel kualitas produk lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Bakso PEPO dibandingkan dengan variabel harga maupun variabel faktor sosial. Dari variabel kualitas produk ditemukan bahwa rasa dari produk memiliki dampak paling besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dari variabel harga ditemukan bahwa kemudahan cara pembayaran memiliki dampak paling besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dan dari variabel faktor sosial ditemukan bahwa kelompok referensi khususnya teman – teman, memiliki dampak paling besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis 1, 2, dan 3 dapat diterima.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...