Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 2 No. 5 (2017)

EVALUASI VALUE PROPOSITION PADA PERUSAHAAN SAMBAL NOESANTARA

Yoseph Richie Prayogo (Universitas Ciputra)
Liliani Liliani (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui value proposition yang sesuai untuk perusahaan Sambal Noesantara agar dapat unggul dalam persaingan yang kompetitif. Penentuan tersebut didasarkan pada tiga tahapan, yaitu Customer Profiling, Value Mapping dan Fit. Subyek penelitian yang dipilih sebagai informan adalah konsumen Sambal Noesantara, manajemen internal Sambal Noesantara, perusahaan sejenis, dan pakar Business Model Canvas. Metode Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi keduanya didukung dengan adanya pendokumentasian data. Wawancara digunakaan sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk memperoleh informasi dan data aktial melalui informan dengan kriteria penentuan value proposition yang sesuai. Observasi memberikan kemudahan terutama dalam hal memperoleh data di lapangan dan digunakan sebagai bukti yang memperkuat hasil wawancara. Dokumentasi merupakan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa value proposition yang dimiliki oleh Sambal Noesantara belum dapat menjawab sebagian besar dari keinginan konsumen. Dapat disimpulkan bahwa value proposition yang dimiliki oleh Sambal Noesantara masih jauh dari kata Fit. Berdasarkan hal tersebut perlunya dilakukan Evaluasi Value Proposition pada Perusahaan Sambal Noesantara.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...