Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 4, No 1 (2019): June 2019

Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan Sekolah: Studi Deskriptif Kualitatif

Adhe Kusuma Pertiwi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2019

Abstract

Abstract: The quality of education is dynamic and will continue to develop in accordance with the demands of the times. Therefore, educational institutions must strive to continuously develop their institutions. The purpose of this study was to determine efforts to improve the quality of education in the Kindergarten of Kalam Kudus Malang. The method used is descriptive qualitative research. Research informants were principals, vice principals, and teachers. The analysis of the data used is the interactive model of Miles and Huberman. The results of the study show that the urgent problem that must be solved by the school is about the teacher’s ability because it is related to the quality of graduates. Improving the quality of teachers in the Kindergarten of Kalam Kudus Malang requires collaboration between schools and foundations and stakeholders. Abstrak: Mutu pendidikan bersifat dinamis dan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan aman. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan harus berupaya secara kontinu mengembangkan institusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pendidikan di TK Kalam Kudus Malang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah mendesak yang harus diselesaikan oleh sekolah ialah tentang kemampuan guru karena berkaitan dengan mutu lulusan. Peningkatan mutu guru di TK Kalam Kudus Malang membutuhkan kerja sama antara sekolah dan yayasan serta stakeholders.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...