JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 10, No 2 (2019)

KOMPARASI MEDIA PERFORMANCE DALAM PEMBERITAAN PASCA REUNI 212

winda hardyanti (universitas muhammadiyah malang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

Media bisa melakukan dua strategi dalam agenda setting. Yaitu melakukan framing atau melakukan black out. Operasi black out media melibatkan scenario tertentu untuk ‘menenggelamkan’ berita tertentu. Namun berdasarkan kaidah jurnalistik, pemberitaan harus tetap diberitakan dengan cara-cara profesionalisme. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti isi media pasca Reuni 212. Peneliti menganalisis dengan pendekatan ilmiah sesuai kajian content analysis dalam ilmu komunikasi, seperti apa media cetak dan media online (portal berita online) arus utama mengkonstruksikan beritanya dalam konteks pasca kejadianReuni 212. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa jika detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan belum bisa menjalankan profesionalisme sebagai jurnalis karena masih ditemui unsur berita yang tidak lengkap. Detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan masih memihak dan belum bisa bersikap netral. Fenomena Talking Journalism dan fenomena Pseudo-Journalism dalam pemberitaan di portal berita online ditemukan dalam penelitian ini. Jurnalisme semu atau dikenal sebagai pseudo journalism memanfaatkan sumber berita dari satu sisi saja dan tidak cover both sides, padahal kaidah jurnalistik memastikan bahwa berita itu kredibel jika memiliki minimal dua narasumber. Kata kunci: media performance, analisis isi, media online

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...