RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 1, No 2 (2015)

PENERAPAN METODE FGD (FOCUS GROUP DISCUSION) DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Putri, Novita Delima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Abstrak : Wirausaha merupakan salah satu upaya mengatasi pengangguran dankemiskinan. Pergeseran pandangan profesi mahasiswa setelah lulus yang awalnya karyawan menjadi pengusaha, harus dibarengi dengan usaha memupuk semangat dan keterampilan wirausaha (entrepreneurial skill) mereka. Usaha tersebut dilakukan dalam bentuk wadah formal berupa mata kuliah kewirausahaan.Penelitian ini mempunyai tujuan mengidentifikasi entrepreneurial skill mahasiswa peserta kuliah kewirausahaan dan pengusaha, sehingga dapat disusun model dan modul pembelajaran yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan mellaui kuisioner dan diskusi kelompok terarah (FGD) serta review mendalam (in-depth review), terhadap sampel yang diambil secara purposive. Hasil penelitian ini mendukun penelitian sebelumnya bahwa ada terdapat enam karakkteristik yang dimiliki wirausaha yaitu, Percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Terdapat perbedaan keteraampilan yang dimiliki mahasiwa dan pengusaha, untuk menyelaraskannya perlu diterapkan metode pembelajaran yang member kesempatan kepada mahasiswa untuk bias mengalami sendiri situasi wirausaha dengan mentor para pengusaha.Kata kunci: keterampilan wirausaha, pengusaha, karakteristik, FGD

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...