RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 3, No 1 (2016)

PREDIKSI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMKN 3 DEPOK BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN ATURAN MAMDANI

Anggraeni, Wulan (Unknown)
Suyahya, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh prediksi prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar menggunakan aturan mamdani. Urgensi dari penelitian ini adalah sampai saat ini belum ada penelitian yang memprediksi prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar selain itu hasil prediksi dapat digunakan untuk mengetahui nilai dari prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar. Subyek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK N 3 Depok. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa kesalahan prediksi nilai kewirausahaan jurusan pemasaran, perbankan syariah, akuntansi perbankan, dan teknik komputer jaringan secara berturut-turut adalah 18,57 %; 28,78 %; 37,2 %; dan 43,95 %. Hasil prediksi yang memiliki tingkat kesalahan terkecil adalah prediksi prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI jurusan pemasaran, sedangan hasil prediksi yang memiliki tingkat kesalahan tertinggi adalah prediksi prestasi belajar kewirausahaan. Semua hasil prediksi yang diperoleh tidak memuaskan, karena tingkat kesalahannya besar.Kata kunci : Prestasi belajar, kewirausahaan, aturan madani.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...