Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Ciracas, pada kelas IV yang terdiridari 2 kelas. Setiap kelas berjumlah 36 dan 39 peserta didik, dimana peserta didikpada kelas tersebut mengalami perubahan kurikulum. Dari hasil penelitiandiperoleh hasil bahwa, untuk kategori 1 (kemampuan peserta didik mengikutikegiatan pembelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:sebanyak 38 peserta didik sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebanyak 30peserta didik cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan sisanya 7peserta didik tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk kategori 2(kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media pembelajaran padakurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 40 peserta didik cukupterbiasa dengan media pembelajaran kurikulum 2013, sedangkan sisanyasebanyak 35 peserta didik mengalami kesulitan dengan media pembelajaran padakurikulum 2013. Untuk kategori 3 (kemampuan peserta didik dalam memahamimateri pelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:sebanyak 56 peserta didik memiliki cukup memahami materi pelajaran dengankurikulum 2013, sedangkan sisanya sebanyak 19 peserta didik kurang memahamimateri pelajaran dengan kurikulum 2013. Untuk kategori 4 (tingkatketergantungan peserta didik terhadap Guru dalam pembelajaran dengankurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 21 peserta didik masihtinggi ketergantungannya dengan Guru dalam pembelajaran, sebanyak 30 pesertadidik memiliki tingkat ketergantungan yang sedang terhadap Guru dalam kegiatanpembelajaran, sedangkan sisanya 24 peserta didik sudah bisa melakukan kegiatanpembelajaran mandiri sesuai dengan tuntutan dari kurikulum 2013.Kata kunci: perubahan kurikulum, pembelajaran
Copyrights © 2014