RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 1, No 1 (2014)

EFEKTIFITAS PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SDN 03 PAGI CIRACAS)

Hapsari, Fadjriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Ciracas, pada kelas IV yang terdiridari 2 kelas. Setiap kelas berjumlah 36 dan 39 peserta didik, dimana peserta didikpada kelas tersebut mengalami perubahan kurikulum. Dari hasil penelitiandiperoleh hasil bahwa, untuk kategori 1 (kemampuan peserta didik mengikutikegiatan pembelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:sebanyak 38 peserta didik sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebanyak 30peserta didik cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan sisanya 7peserta didik tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk kategori 2(kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media pembelajaran padakurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 40 peserta didik cukupterbiasa dengan media pembelajaran kurikulum 2013, sedangkan sisanyasebanyak 35 peserta didik mengalami kesulitan dengan media pembelajaran padakurikulum 2013. Untuk kategori 3 (kemampuan peserta didik dalam memahamimateri pelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:sebanyak 56 peserta didik memiliki cukup memahami materi pelajaran dengankurikulum 2013, sedangkan sisanya sebanyak 19 peserta didik kurang memahamimateri pelajaran dengan kurikulum 2013. Untuk kategori 4 (tingkatketergantungan peserta didik terhadap Guru dalam pembelajaran dengankurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 21 peserta didik masihtinggi ketergantungannya dengan Guru dalam pembelajaran, sebanyak 30 pesertadidik memiliki tingkat ketergantungan yang sedang terhadap Guru dalam kegiatanpembelajaran, sedangkan sisanya 24 peserta didik sudah bisa melakukan kegiatanpembelajaran mandiri sesuai dengan tuntutan dari kurikulum 2013.Kata kunci: perubahan kurikulum, pembelajaran

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...