Jurnal SOLMA
Vol. 7 No. 2 (2018)

Pengelolaan Metode Pembelajaran dengan Memanfaatkan Museum Pada Pembelajaran Sejarah Bagi Guru SMA Muhammadiyah Makasar

Merina Merina (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Daniel Fernandez (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Keberadaan museum merupakan bentuk representative sebuah kota. SMA Unismu Makasar merupakan sekolah yang dikeliling berbagai macam museum. Hal ini dapat menjadial ternatif proses pelaksanaan pembelajaran sejarah. sebuah Kunjungan ke situs sejarah juga dapat membantu siswa menyerap situasi kejiwaan yang terjadi di kala itu. Pola pembelajaran sejarah dengan observasi langsung ke berbagai situs sejarah dapat memberikan pengalaman yang lebih bermakna dari pada sekerdar belajar dengan cara menghafal oleh karena itu pengembangan metode pembelajaran sejarah dengan kunjungan ke museum adalah satu metode yang dapat dicoba dan diterapkan. Guru sejarah di Unismu sudah sepantasnya mendapatkan pelatihan mengenai metode pembelajaran ini. Pelatihan pengembangan metode melalui kunjungan museum dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu mulai dari perancangan model, pemilihan media dan bahan ajar dan simulasi kegiatan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...