TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol 6 No 2 (2017): Agustus

PENGEMBANGAN MORAL KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH

Syaikhu Rozi, Dhuri Ashari dan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dimensi moral yang dikembangkan di sekolah beserta strategi pengembangannya. Penelitian dilaksanakan secara kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif versi Milles & Hubberman.Dengan teknik tersebut, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dimensi moral kepemimpinan siswa yang dapat dikembangkan di sekolah di antaranya adalah sikap bertanggung jawab, menghormati dan disiplin. 2) Pengembangan dimensi moral kepemimpinan siswa di sekolah dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, di antaranya a) pendekatan personal, b) pendekatan emosional, c) Pendekatan Keagamaan, d) pendekatan struktural. Adapun strategi pengembangannya adalah: a) pembudayaan kepemimpinan moral di sekolah, b) Kegiatan menumbuhkan karakter pemimpin dan c) menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler.

Copyrights © 2017