Al Ibrah Journal of Arabic Language Education
Vol 2, No 1 (2019): al-Ibrah: Journal of Arabic Languange Education

BAHASA ARAB DAN STATUS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN PEMBELAJARAN

H. Fakhriannor Fakhriannor (UIN Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Sosiolinguistik sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dan masyarakat. Salah satu ruang lingkup pembahasannya adalah hubungan antara bentuk-bentuk bahasa dengan penggunaannya untuk fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat yang tentunya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kesejukan dalam berkomunikasi sesama anggota masyarakat.  Sebagai bahasa Internasional dan lebih khusus sebagai bahasa umat Islam, Bahasa Arab dan penggunaanya dalam tingkat stratifikasi sosial seseorang sangat diperhatikan. Penggunaan redaksi kata dalam Bahasa Arab tidak lepas dari perspektif al-Qur’an itu sendiri, baik dalam hal pandangannya terhadap kedudukan sosial, maupun pandangannya tentang penggunaanya kepada obyek bicara (mukhatab) yang mempunyai tingkat stratifikasi yang berbeda. Dalam pandangan islam perbedaan strata sosial bukan untuk menciptakan kesenjangan sosial, melainkan diharapkan menjadi dasar dalam membangun masyarakat seimbang yang merupakan salah satu tujuan kedatangan Islam. Perjuangan panjang Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban manusia akhirnya berbuah manis, dimana diakhir hayatnya beliau sempat menyaksikan suatu realitas yang ideal bagi masyarakat islam, yakni masyarakat Madani (civil society).Kata Kunci: Bhs.Arab, Status Sosial, Perspektif al-Qur’an dan pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ibrah

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL IBRAH is a peer-reviewed academic journal dedicated to advancing scientific knowledge and innovation in Arabic language education. The journal welcomes submissions on Arabic language teaching, classroom innovations, and various applied linguistics subfields. Typically, submissions should range ...