AbstrakTingginya tingkat kebutuhan akan barang-barang konsumtif  di satu pihak, dan terbatanya kemampuan atau daya beli dari sebagian  besar masyarakat untuk membeli secara tunai di lain pihak membuat  lembaga pembiayaan konsumen begitu banyak diminati oleh mayarakat,  sehingga membuat lembaga pembiayaan konsumen (consumer finance) meskipun  masih terbilang muda usianya namun cukup aktif berperan dalam menunjang  dunia bisnis di Indonesia. Salah satunya yaitu PT. Federal  International Finance Cabang Palur yang merupakan perusahaan pembiayaan  yang melakukan kegiatan usahanya di bidang pembiayaan konsumen. Kegiatan  pembiayaan dilakukan melalui sistem pemberian kredit yang pembayarannya  dilakukan secara angsuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui perubahan prosentase down payment (uang muka) sebesar 20%  pada kredit kendaraan bermotor.Konsumen pada perusahaan tersebut  merupakan perjanjian hutang piutang antara pihak PT. Federal  International Finance Cabang Palur dan pihak konsumen, dengan penyerahan  barang secara fidusia dalam arti penyerahan barang tersebut dilakukan  berdasarkan atas kepercayaan. Lembaga pembiayaan konsumen merupakan  alternatif guna memperoleh barang-barang kebutuhan konsumen, yang tidak  mampu dibeli secara tunai oleh masyarakat dengan daya beli yang  terbatas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013