Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di sekolah terhadap peningkatan kualitas moral siswa-siswi SMP khususnya di SMP YPPK St. Mikael Kabupaten Merauke. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian field research atau penelitian lapangan dimana peneliti terlibat sebagai observer. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi degradasi moral siswa/i yakni faktor internal (kesadaran siswa untuk dibimbing dan dibentuk dalam proses pendidikan), keluarga (pola asuh yang cenderung permisif dari orangtua terhadap anak), masyarakat (tidak adanya fungsi kontrol sosial dari masyarakat) dan ekonomi (kebutuhan dasar anak tidak terpenuhi dan tuntutan untuk mencari nafkah). Mengatasi permasalahan moralitas siswa, pihak sekolah berusaha mengimplementasikan PAK untuk membina moral siswa/i yakni dengan cara menggunakan pribadi Yesus maupun santo-santa sebagai model pribadi untuk ditiru perilaku dan perbuatan baik mereka (imitasi/pemodelan), memberikan bimbingan dan pengawasan langsung kepada siswa/i serta kegiatan-kegiatan pembinaan iman sebagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Katolik yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan seperti retret, rekoleksi, ziarah, perayaan sakramen dan sakramentali.
Copyrights © 2017