JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral)
Vol 6 No 1 (2018): JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke

Berangka, Dedimus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pola asuh orang tua, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa SMP Di Lingkungan Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (YPPK) di distrik Merauke Kabupaten Merauke. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 285 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar 3,5%, budaya sekolah terhadap disiplin belajar 46,9%, motivasi belajar terhadap disiplin belajar 39,9%, pola asuh orang tua dan budaya sekolah terhadap disiplin belajar 46,5%, pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 40,9%, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 50,9% dan pola asuh orang tua, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 50,7%. Saran penelitian ini adalah pentingnya orang tua memperhatikan model pola asuh yang sesuai dengan perkembangan zaman anak untuk meningkatkan disiplin belajar anak. Bagi sekolah diharapkan mengembangkan budaya sekolah yang sudah ada untuk meningkatkan mutu sekolah dan disiplin belajar siswa. Bagi siswa pentingya motivasi belajar dalam mencapai dan meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Masalah Pastoral atau disingkat JUMPA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke secara berkala pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Jurnal ini membahas persoalan pastoral Gereja meliputi masalah: Pendidikan, Katekese, Teologi, Fenomenologi ...