Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
Vol 4 No 2 (2019)

Rancangan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Geografi Regional Indonesia

Anasi, Putri Tipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan model blended learning pada mata kuliah geografi regional indonesia. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pada penelitian ini, peneliti hanya pada sampai dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan desain rancangan model dimana design rancangan tersebut akan divalidasi oleh ahli e-learning. Berdasarkan analisis kinerja, didapatkan beberapa hal yaitu (1) proses pembelajaran masih didominasi oleh ceramah dan diskusi; (2) materi pembelajaran pada mata kuliah geografi regional indonesia sangat banyak sehingga materi tidak sepenuhnya tersampaikan; (3) Universitas Tanjungpura memiliki layanan yang mendukung e-elarning akan tetapi kurang dimanfaatkan oleh program studi pendidikan geografi.Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan beberapa hal yang perlu dikembangkan terlebih dahulu sebelum mengembangkan blended learning yaitu (1) RPS yang menunjang pembelajaran blended learning; (2) modul pembelajaran yang mendukung pembelajaran online; (3) video pembelajaran yang mendukung pembelajaran e-learning; serta (4) penugasan yang menunjang pembelajaran blended learning.Berdasarkan hasil validasi desaign, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa rancangan model blended learning pada mata kuliah Geografi Regional Indonesia yang dihasilkan adalah dimana pembelajaran model blended dengan strategi Flipped Clasroom ini terdiri atas 30% e-learning (4 pertemuan) dan 70% face to face (10 pertemuan) dengan 2 pertemuan UTS dan UAS secara tatap muka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

georafflesia

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Journal Of Georafflesia: Scientific Article Education This Geography focuses on the problems that exist in the realm of education, physical geography, and social geography. The educational domain is all articles that illustrate the problem of education in all science clusters and Applied Models of ...