Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 10, No 2 (2019): Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan

KOMUNIKASI VIRTUAL GAME ONLINE DEFENCE OF THE ANCIENT–DOTA 2 PADA KOMUNITAS RAZER GAMING DEPOK VIRTUAL COMMUNICATION IN THE DEFENCE OF THE ANCIENT–DOTA 2 ONLINE GAME AT THE RAZER GAMING DEPOK COMMUNITY

teguhta, Teguhta (Unknown)
Dunan, Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Abstract In the era of the industrial revolution 4.0, virtual communication tends to be preferred over face-to-face communication among teenagers. Virtual communication is usually carried out in virtual communities that share a hobby like online game players.interviews and observations method were used on data collection.  Data presentation, categorization, and data reduction are carried out at the data analysis stage. Data triangulation is done to conclude. The findings of this study are the virtual communication all channels patterns apply in Depok Razer Gaming Community. Virtual communication often used about the selection of strategies in the online game Dota 2.Keywords: virtual communication, online game  Abstrak Kalangan remaja cenderung lebih menyukai komunikasi virtual dibandingkan dengan komunikasi tatap muka pada era revolusi industri 4.0 saat  ini. Komunitas virtual yang memiliki kesamaan hobi seperti para pemain game online biasanya melakukan komunikasi virtual. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pola komunikasi virtual dalam game online Defence of the Ancient–Dota 2 dalam Komunitas Razer Gaming Depok. Penelitian ini menggunakan.  pendekatan deskriptif kualitatif . Pengumpulan data  di lapangan menggunakan metode wawancara dan pengamatan. Pada tahapan analisis data peneliti melakukan penyajian data, pengkategorisasian, dan reduksi data. Peneliti melakukan triangulasi data yang ada untuk penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa  pola komunikasi virtual yang berlangsung di Komunitas Razer Gaming Depok adalah pola komunikasi semua saluran (all channel). Komunikasi virtual sering membahas tentang pemilihan strategi dalam game online Dota 2. Kata Kunci : komunikasi virtual,  game online 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics Social Sciences

Description

Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasii adalah jurnal yang memuat makalah ilmiah bidang penelitian informatika dan informasi. Jurnal ini di terbitkan oleh Puslitbang Aptika dan IKP, Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. ...