Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 4, No. 1, Juli-Desember 2019

MENANGANI ANAK DOWN SYNDROME MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER QURANI DI SDLBN 2 AMUNTAI

Husin Husin (STIQ Amuntai)
Dony Ahmad Ramadhani (STIQ Amuntai)
Miluejueng Katmiani Putri Mada (STIQ Amuntai)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Meningkatnya jumlah penyandang down syndrome di Indonesia yang mencapai sekitar 300 ribu lebih merupakan persoalan yang menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya bagian medis dan psikolog saja, seorang pendidik memeiliki peranan penting pula dalam persoalan ini. Anak-anak Down Syndrome cenderung hiperaktif, sulit berkonsenterasi dan tidak dapat mengatur pola makannya sendiri. Sejalan dengan permasalahan tersebut, pendidikan karakter Qurani turut memainkan peran untuk mengarahkan mereka menjadi manusia mandiri dan bermanfaat sesuai kemampuannya agar tidak menjadi beban dan sebaliknya merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT. Pendidikan karakter Qurani di SDLBN 2 Amuntai melalui prinsip dasar layanan pendidikam anak berkebutuhan khusus, kedua melalui pembiasaan dan pembudayaan yang baik di sekolah, ketiga melalui keteladan, keempat melalui akhlak aplikatif dan kelima melalui kisah-kisah Islami

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...