Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan geografi semester III di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Manado, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran luar kelas pada pada mata kuliah kartografi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pembelajaran luar kelas terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah kartografi dasar; 2) tahapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran luar untuk mata kuliah kartografi; 3) partisipasi dan keterampilaan mahasiswa yang melakukan pembelajaran luar kelas, Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran luar kelas pada mata kuliah kartografi memberikan peningkatan pada pemahaman mahasiswa, hasil ini ditunjukkan dari perbedaan hasil pretest-posttest. Perbedaan nilai rata-rata hasil tes yakni pretest 37.00 dan posttestt 71.75. Pembelajaran luar kelas berdasarkan nilai N-Gain sebesar 55.71%, (kurang efektif) namun dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah kartografi dasar. Melalui penelitian ini diketahui pula hal yang dipersiapkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran luar kelas. Â
Copyrights © 2020