Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 3 No 1 (2020): Volume 3 No.1 Tahun 2020

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 6 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019

Tri Andayani, S.Pd (SMP Negeri 6 Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi Kelas IX-F semester I mengenai konsep Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar.2). Mengetahui permasalah-permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat dicari solusinya. Menurut pedoman penilaian SLTP 1994, nilai limit ketuntasan belajar seoarang siswa adalah 75 ke atas. Jika kurang dari angka tersebut siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi terhadap data yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan dapat diambil simpulan sebagai berikut :1).Pada pelaksanaan siklus I tingkat aktivitas siswa rata-rata masih rendah, tingkat kemampuan siswa dalam mengenal Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari 2). Pada pelaksanaan siklus II, tingkat kenaikan kemampuan mengenal Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari mahluk hidup mencapai. Kenaikan aktivitas dan hasil belajar yang dicapai pada siklus II ini disebabkan oleh siswa lebih mempersiapkan diri dengan meteri agar yang akan didiskusikan, rasa percaya diri siswa lebih tinggi. Kelompok yang satu sering dimotivasi oleh kelompok lain, masing-masing kelompok akan berusaha mempertahankan kelompoknya.3). Pemilihan metode pembelajaran yang lepas dapat merangsang siswa dalam mengembangkan aktivitas dan kreativitasnya.4). Dari hasil analisis terdapat Siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75.74 dan ketuntasan 53.85% meningkat pada siklus II yaitu siswa yang tuntas 22 siswa dari 27 siswa telah mencapai ketuntasan belajar 84.62% dengan nilai rata-rata 85.78. 5). Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh diatas, maka pembelajaran dengan Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 6 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...