Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi
Efisiensi Volume XII, No. 1, Februari 2012

Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar

Rika Astuti (Unknown)
Djihad Hisyam (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, desain penelitiannya adalah korelasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif karena dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,0492 (r hitung 0,492 r tabel 0.279); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi yang ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,737 (r hitung 0,737 r tabel 0,279); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,742 dan koefisien determinasi (R kuadrat) sebesar 0,550. Nilai F hitung yang diperoleh sebesar 28,779 sedangkan F tabel sebesar 3,18 (F hitung F tabel).

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

efisiensi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

FISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan/atau kajian pustaka dalam bidang ilmu administrasi perkantoran baik dalam bidang kependidikan maupun dalam bidang ilmu administrasi murni dengan fokus dan ruang lingkup pembahasan tentang: 1) Pendidikan Vokasi ...