Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER)
Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019, 5 articles, pages 1-45

PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK USIA DINI

Joni, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya penguasaan kosa kata TK Mutiara Sungai Pagar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan kosakata anak usia dini di TK Mutiara Sungai Pagar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan denan obyek penelitian 16 orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: Dengan penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata  anak usia 4-5 di TK Mutiara Sungai Pagar. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan penguasaan kosa kata  anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38,1% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,4% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai  Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,3% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

joecher

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER ) is Jurnal which contains the results of research and literature studies related to the field of early childhood education, including; regulation, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, issues of ...