Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya penguasaan kosa kata TK Mutiara Sungai Pagar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan kosakata anak usia dini di TK Mutiara Sungai Pagar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan denan obyek penelitian 16 orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: Dengan penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata anak usia 4-5 di TK Mutiara Sungai Pagar. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan penguasaan kosa kata anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38,1% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,4% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,3% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
Copyrights © 2019