Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 6, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN MODUL MELALUI INTERACTIVE LEARNING MODULE (ILM) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

BIMA SAKTI, MUHAMAD (Unknown)
NUGRAHA, JAKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul melalui interactive learning module (ILM) pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya serta menganalisa modul yang dikembangkan Pengembangan modul dilakukan karena belum adanya bahan ajar modul khususnya mata pelajaran teknologi perkantoran. Jenis penelitian yang dikembangkan menggunakan R&D dengan mengacu pada model penggembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 18 peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 4 Surabaya. Adapun hasil penelitian menunjkan bahwa modul yang di kembangkan yaitu Interactive Learning Module Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X OTKP termasuk dalam kategori sangat layak dari segi aspek materi, Bahasa dan grafis. Hasil persentase dari ahli materi 84,5% dengan kategori sangat kuat, persentase dari ahli Bahasa 77,97% dengaan kategori kuat dan ahli grafis memperoleh persentase 93,33%, serta hasil angket evaluasi siswa sebesar 90,28% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, Modul melalui interactive learning module pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya hasil pengembangan ini layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar Teknologi Perkantoran. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Teknologi Perkantoran, Interactive Learning Modul, Model ADDIE.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...