Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PERSIAPAN PENYELENGGARAAN PERTEMUAN/RAPAT KELAS XI OTKP DI SMKN 1 BANGKALAN

HIDAYAT, SYAIFUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa serta mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning kompetensi dasar menerapkan persiapan penyelenggaraan pertemuan Kelas XI OTKP SMKN 1 Bangkalan ialah tujuan penelitian. Pendekatan penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Subjek penelitian melakukan dua kelas diantaranya, XI OTKP 3 sebagai eksperimen sebanyak 30 siswa beserta XI OTKP 1 sebagai kontrol sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan Uji Homogenitas, Uji Normalitas, serta Uji-t (Hipotesis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelompok eksperimen mengalami kenaikan saat Posttest sebesar 82,60 lebih besar daripada pretest sebesar 59,50. Sedangkan, kelompok kontrol juga mengalami kenaikan saat posttest sebesar 78,30 lebih besar daripada pretest sebesar 65,63; 2) adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mempersiapkan persiapan penyelenggaraan pertemuan/rapat kelas XI OTKP Di SMKN 1 Bangkalan dengan ditunjukkan p-value sebesar thitung (4,353)> ttabel (2,002). Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...