Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 4 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI KELAS X OTKP 1 SMK NEGERI 2 TUBAN

MERDIKAWATI ENDARMA, RIZQI (Unknown)
PUSPASARI, DURINDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum yang sesuai K13 revisi 2017; 2) kelayakan lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum oleh ahli validasi; 3) respon peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik yang sudah dikembangkan pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan LKPD ini yaitu model 4-D oleh Thiagarajan yang memiliki empat tahap pengembangan antara lain tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian ini dilakukan pada 17 peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Tuban. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian terdiri dari lembar validasi materi, bahasa, grafis, serta lembar respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum sudah sesuai K13 revisi 2017; 2) kelayakan oleh para ahli validasi diperoleh skor 79,2% sehingga dinyatakan layak; 3) respon peserta didik sebesar 89,4% menunjukan LKPD dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Rata rata keseluruhan nilai kelayakan LKPD sebesar 83,8% dengan interprestasi sangat layak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...