Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi penyusunan program, implementasi program dan kendala pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik pada SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,  observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala pengajaran, koordinator MGMP dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyusunan program supervisi akademik pengawas sekolah pada SMA Negeri 4 Banda Aceh disusun secara terinci dari program tahunan, semester, dan program mingguan. Mekanisme penyusunan program kerja pengawas melalui pokja (kelompok kerja) pengawas sekolah dan secara individu; dalam penyusunan program supervisi akademik pengawas sekolah melibatkan pengawas sekolah lainnya, dan pihak sekolah; 2) Implementasi program pengawas sekolah meliputi: penyampaian jadwal kunjungan; sosialisasi program kerja dan instrumen penilaian; mengunjungi sekolah binaan; melaksanakan kegiatan supervisi akademik; memberikan bimbingan dan pembinaan; serta pelaporan; 3) Kendala yang dihadapi pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik antara lain: jumlah pengawas masih kurang; banyaknya tugas tambahan pengawas sekolah selain tupoksi; masih ada guru yang tidak mau mencari ilmu  sehingga terkesan monoton dalam bekerja; kurangnya motivasi guru dalam mengikuti perkembangan zaman.           Kata kunci: manajemen pengawas sekolah, supervisi akademik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013