OPTIMA
Vol 3, No 2 (2019)

STRATEGI PENGEMBANGAN PELUANG PASAR TANAMAN HERBAL DI KABUPATEN PASURUAN

Adil Abdillah (Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan peluang pasar tanaman herbal di Kabupaten Pasuruan. Dengan obyek penelitian adalah petani herbal, paguyuban petani, pelaku usaha herbal dan pemerintah daerah. Analisis yang digunakan adalah analisis lokasi, deskriptif, pemasaran dan SWOT. Berdasarkan analisis dan identifikasi kondisi di lapangan strategi yang diterapkan dalam pengembangan peluang pasar tanaman herbal Kabupaten Pasuruan adalah Stable Growth Strategy, dengan strategi antara lain: peningkatan akan minat budidaya komoditas tanaman obat, peningkatan pelatihan/penyuluhan terkait budidaya dan pengolahan produk tanaman obat, peningkatan inovasi pengolahan hasil tanaman obat untuk mencukupi pangsa pasar yang ada, perluasan jaringan pemasaran produk olahan tanaman obat dan meningkatkan kemitraan antara petani tanaman obat di Kabupaten Pasuruan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Optima

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial Semua hal yang berkaitan dengan hasil penelitian atau pemikiran dibidang agribisnis, ekonomi, dan ...